Translate here!

Selasa, 28 Mei 2013

Cegah Kantong Kering Saat Tanggal Tua




Landscappist.com - Seringkali akhir bulan menjadi momok bagi pengaturan finansial Anda. Terlebih istilah tanggal tua muncul saat keuangan menipis dan sisa cadangan dana untuk kebutuhan sudah dalam kondisi kritis. Jangankan untuk belanja, sekadar bertahan hidup dan menunggu pembayaran gaji di bulan berikutnya terasa begitu berat.

Diatas semua itu, sangat penting untu Anda pahami bagaimana mengatur keuangan selama satu bulan. Apabila Anda telah mengerti secara baik dan benar cara mengatur keuangan bulanan, Anda tidak hanya terhindar dari penyakit kanker (kantong kering), namun bahkan tetap bisa berbelanja hingga akhir bulan. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan menurut Pandji Harsanto, seorang pengelola keuangan adalah sebagai berikut 
 
Nah, ini ada beberapa tips buat friends untuk mensiasati kantong kering saat tanggal tua terutama buat friends  yang masih kuliah, jauh dari orang tua dan ngekos pula... Hehehehe

Alokasikan pengeluaran Anda
Bagi Anda yang telah bekerja dan menerima gaji. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membeli beberapa amplop kertas, kemudian tulislah beberapa pos kebutuhan selama 1 bulan. Kemudian bagi menjadi 3 bagian amplop besar: 1 amplop cicilan, 1 amplop untuk tabungan bulanan atau investasi bulanan, 1 amplop belanja barang dan jasa operasional bulanan. Anda perlu menyisihkan bagian untuk tagihan cicilan utang Anda baik itu utang produktif dan utang konsumtif dengan alokasi total paling besar adalah 30% dari penghasilan Anda. 

Disiplinkan diri Anda untuk menabung dan investasi di awal bulan, tetapkan berapa kemampuan menabung rutin Anda. Jangan baru menabung kalau ada sisa. Untuk pemula, disiplinkan untuk menabung minimal 10% dari penghasilan Anda. Ubah kebiasaan ini selama 2 tahun. Anda akan terbiasa investasi dan menabung dengan sendirinya. 

Segera pisahkan untuk pos pengeluaran yang pembayaran tagihan bulanan seperti koran, TV kabel, listrik, PAM, gaji pembantu dan kebutuhan bulanan lainnya. Buat budget belanja bahan makanan untuk 1 bulan. Lalu buat untuk budget untuk hari-hari biasa dan budget untuk akhir pekan. Isilah amplop-amplop tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan. 

Menulis Daftar Belanja
Agar terhindar dari penyakit membeli sesuatu tanpa kendali karena diskon, hendaknya membuat daftar belanja sebelum pergi ke pasar atau hypermarket. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat mengingat barang yang akan dibeli sekaligus menjadi panduan saat belanja. Belilah barang sesuai daftar..!! 

Selain itu jangan berbelanja ketika Anda lapar. Hipermarket biasanya menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan, mulai dari sayuran hingga alat elektronik, dan juga hidangan siap saji. Pastikan saat Anda berbelanja, perut sudah terisi dari rumah. Pasalnya semua makanan yang ada bisa terlihat sangat enak dan pasti Anda membelinya dalam jumlah yang berlebih. 

Menyiapkan Bekal Makan Siang
Sebenarnya banyak kelebihan jika Anda membawa bekal makan siang sendiri. Pertama Anda akan mendapatkan makan siang yang sesuai selera Anda, kedua Anda tidak perlu ke luar kantor atau meminta tolong OB untuk membelikan makan siang, ketiga Anda mendapatkan makan siang yang lebih bersih dan higienis. Membawa bekal makanan tentu saja akan menghemat pengeluaran Anda. Sekedar ilustrasi, apabila Anda menghabiskan 20 ribu perhari untuk sekali makan, maka selama setahun Anda akan menghemat sebesar 5,28 juta. Dan selama 25 tahun Anda menghemat lebih dari 132 juta.

Selaraskan kebutuhan, kemampuan dan keinginan 
Prinsip penting dalam berbelanja adalah keselarasan. Terkadang sulit membedakan apa yang dibutuhkan dengan apa yang diinginkan. Belum lagi pada tahap mengukur kemampuan kita. Maka dari itu, sebelum membeli barang, perlulah refleksi terhadap diri, apakah barang atau jasa ini pantas saya beli sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan saya? 

Anda dapat berbelanja kebutuhan sesuai keinginan Anda di luar kemampuan Anda. Namun tentu saja akan mengakibatkan diri Anda memaksakan diri dengan berutang. Sehingga, Anda sebenarnya tidak layak membeli barang tersebut. Kemampuan manajerial terhadap keuangan yang baik, diikuti dengan kedisiplinan dan kecerdasan dalam meningkatkan pendapatan, Anda dapat menghindarkan diri dari mimpi buruk kantong kering di akhir bulan. (wd/pj)
http://www.landscappist.com/2013/04/cegah-kantong-kering-saat-tanggal-tua.html
Like the Post? Do share with your Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar